Bahaya Dan Manfaat Buah Bintaro

Tahukah Anda bahaya dan kegunaan Pohon Bintaro? Seandainya belum, maka Anda patut berhati-hati, khususnya yang memiliki anak kecil. Pohon yang bentuk daunnya memanjang, simetris dan menumpul pada bagian ujung dengan ukuran bervariasi, itu juga  disebut Pong-pong tree atau Indian suicide tree, mempunyai nama latin Cerbera manghas, termasuk tumbuhan mengandung racun. Karena bentuk buahnya yang bagus, anak-anak akan tertarik untuk membuatnya sebagai mainan.

Pohonnya berbentuk indah, namun buahnya tidak dapat dikonsumsi, karena mengandung  racun. Buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau pucat dan ketika tua berwarna merah, dengan bentuk tiga lapis :  kulit bagian terluar buah, lapisan tengah berupa serat seperti sabut kelapa, dan biji yang dilapisi kulit biji atau testa.

Menurut penelitian Faperta Institut Pertanian Bogor (IPB), buah Bintaro terdiri atas 8% biji dan 92% daging buah. Bijinya sendiri terbagi dalam cangkang 14% dan daging biji 86%. Biji Bintaro mengandung minyak antara 35-50% (bandingkan dengan biji jarak yang 14% dan kelapa sawit 20%). Semakin kering biji bintaro semakin banyak kandungan minyaknya. Minyak ini termasuk jenis minyak nonpangan, diantaranya asam palmitat (22,1%), asam stearat (6,9%), asam oleat (54,3%), dan asam linoleat (16,7%).

Buahnya sering juga disebut Cerbera karena bijinya dan semua bagian pohonnya mengandung racun yang disebut “cerberin” yaitu racun yang dapat menghambat saluran ion kalsium di dalam otot jantung manusia, sehingga dapat mengganggu detak jantung dan dapat menyebabkan kematian. Bahkan asap dari pembakaran kayunya pun juga dapat menyebabkan keracunan.

Pohon Bintaro sebenarnya dapat diolah dan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, seperti sebagai penakut tikus (menaruh buahnya di dekat tempat lewat tikus), bahan baku lilin, bio-insektisida, obat luka, deodorant, dan berpotensi sebagai biodiesel. Buah Bintaro banyak bergetah dan beracun,

Menurut hasil penelitian Faperta IPB, buah Bintaro sebenarnya bisa juga dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Malahan, bila dibandingkan dengan biji Jarak, biji Bintaro memiliki kadar minyak yang jauh lebih tinggi. Melalui beberapa tahap pengolahan, 1 kg minyak bisa dihasilkan dari 1,8 kg biji Bintaro yang sudah kering. Minyak yang dihasilkan masih termasuk minyak kasar berwarna hitam. Minyak ini dapat digunakan sebagai pengganti minyak tanah untuk kompor. Hasil uji toksisitas dari getah buah menunjukkan minyak Bintaro layak digunakan sebagai bahan bakar, dengan bau, asap, dan residu lainnya yang tergolong aman. Proses pengolahan buah bintaro menjadi minyak terhitung cepat dan mudah Jika Anda tinggal di daerah yang banyak ditumbuhi pohon Bintaro  Anda pun bisa mencobanya sendiri.

Berikut beberapa langkahnya: Kumpulkan biji bintaro dari buah yang jatuh alami, kupas buah bintaro kering dan ambil bijinya, keringkan biji bintaro di bawah sinar matahari, giling atau tumbuk biji Bintaro kering itu, lakukan pengepresan sampai minyaknya keluar, jika masih bercampur dengan kotoran, saring minyak tersebut, jika perlu, diamkan minyak selama 1 – 2 malam agar kotorannya mengendap dan minyak Bintaro sudah siap digunakan sebagai bahan bakar.  Anda mau mencoba?

15 Tanggapan to “Bahaya Dan Manfaat Buah Bintaro”

  1. saya sedang membuat karya ilmiah tapi ndak ada ide,,,,,,
    kira” apalagi yah bahan alam yang bisa jadi pengganti minyak tanah…..

  2. ..infonya cukup berguna…..

  3. Hai, kami izin sharing artikel ini di website kami yaa, indonesiamenanam.com

    Kami sudah cantumkan alamat web Anda sebagai sumber.

    Terima kasih

  4. Buah bintaro yg udah kering atau yg msih hijau?

  5. artikel nya luar biasa . menambah referensi saya tentang buah bintaro . karena saya sedang membuat research tentang bioetanol dan bio diesel menggunakan buah bintaro

  6. wah, aku pernah mengigitnya neh gimana yaaa???

  7. insyaallah dicoba dengan tindakan nyata dengan skala besar.

  8. Saya sedang mencari tanaman yang dapat mengusir tikus dan ternyata dalam tulisan ini ada, terima kasih akam saya coba

  9. Thanks benar adanya tikus di rumah kami berkurang banyak.. bahkan ada yang digigitnya, rupanya sosialisasi di antara para tikus kurang.. Tapi benar2 berkurang tikusnya.

    Saya browsing ini, setelah dapat info dari teman dan dicoba. Sudah 2 bulan ini kami ga repot dengan yang namanya tikus.
    Thanks, makin menguatkan untuk sharing ke teman2.

    • To Aganwati IRene…. bagaimana cara ngusir tikus pake buah bintaro? Dibelah dulu kah? Atau bulet bulet digeletakin di tempat yang banyak tikusnya? Kalo digeletakin doang,… apakah tikus pada kabur? Apakah buah tsb bau? Tolong share pengalamannya ya….tikus udah merajalela dirumah ane nih…

    • Dian purnama Says:

      Buah yg d gunakan yg msh muda atw yg udah masak pak…?

  10. Terimakasih informasinya. Saya menemukan pohon bintaro di makam pondok kelapa. Saya tanyakan pada penjaga makam tentang manfaatnya, dia tidak tahu. Alhamdulillah saya mendapatkan jawabannya disini.

  11. trims infox..sangat brmanfaat

  12. kira2 dlm proses pnggilangan pembuatan minyak bhaya atau tidak,bagi kita atau anak2

  13. saya sudah tanam pohon bintaro. setelah tumbuh besar. banyak tikus yg mati bergeletak di bawah pohon bintaro. Ajaib nih pohon…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: